Senin, 23 November 2009

Metode Melamar Pekerjaan

Melamar pekerjaan memang butuh kesabaran. Belum adanya respon dari perusahaan-perusahaan yang Anda lamar, bisa dikarenakan oleh berbagai alasan. Berikut ini ada beberapa tips melamar pekerjaan :

  1. Lamar pekerjaan yang anda minati dan yakin mampu melaksanakan. Jangan asal melamar kalau tidak yakin bisa.
  2. Buatlah surat lamaran. Usahakan surat tersebut singkat, faktual, dan menarik, dengan bahasa yang jelas dan penampilan menarik, dalam arti: rapi (tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa), bersih (tinta hitam di atas kertas putih, jangan ada koreksi seperti tip-ex atau perbaikan dengan pensil/bolpoin sebaiknya ketik dan cetak ulang saja. Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan Anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan.
  3. Pelajarilah cara-cara dan kiat efektif dalam menulis surat lamaran, resume/C.V., maupun memenuhi panggilan wawancara.
  4. Siapkan penampilan anda

Kesiapan kita mengatur dan memilih busana serta asesoris akan sangat berpengaruh. Perhatikan dalam pemilihan warna busana, sebaiknya warna cerah tetapi tidak terlalu menyolok. Jangan terlalu banyak menggunakan asesoris. Penataan rambut harus memberikan kesan formal dan elegan. Kunci dari penampilan jika bahwa anda memang terlihat serasi dengan warna busana dan wajah ceria sehingga menimbulkan kesan “fresh” bagi orang yang melihat anda.

  1. Taktik dan Strategi menghadapi wawancara

- Identifikasi kemampuan anda.
Kemampuan anda adalah alat untuk mempermudah menjawab pertanyaan yang akan muncul. Dengan semakin banyak hal yang terkait dengan kemampuan kita akan menjadikan kita lebih percaya diri dalam menjawan pertanyaan.. Ini sangat penting untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan anda. Misalnya bidang keilmuan anda, pengetahuan tentang computer atau hal lain yang sangat anda kuasai.

- Komunikasi
Dalam hal ini kita kenal dengan komunikasi verbal dan non-verbal. Petama komunikasi verbal, dengan pengucapan lisan kita untuk berkomunikasi dan menjelaskan tentang hal tertentu. Perhatikan artikulasi dan intonasi kita saat berbicara. Pilihlah kata yang tepat dan sesuai dengan lawan bicara kita. Kedua komunikasi non-verbal, dengan gerak anggota tubuh kita. Di awal yang harus diperhatikan adalah gerakan mata kita, kemana arah pandangan mata kita haru di control agar tidak menimbulkan kesan tidak baik dengan lawan bicara. Pandangan mata sangat dipengaruhi dengan kondisi perasaan seseorang, berpikir positif adalah jawaban untuk menjaga kesan positif yang terpancar dari mata kita. Gerakan tangan kita secara reflek untuk menekankan hal yang kita samapaikan harus di perhatikan. Gerakan tangan yang terlalu berlebihan menimbulkan kesan negative misalnya terlalu kedepan atau atau terlalu membuka lebar. Dan beberapa hal lain seperti gerakan anggukan atau gelengan kepala, posisi duduk saat berbicara juga harus diperhatikan agar tetap terkesan rilek dan sopan.

- Ramalkan pertanyaan yang akan muncul
Memprekdiksikan pertanyaan yang akan muncul semalam sebelumnya adalah langkah antisipasi yang efektif. Gali pertanyaan yang menyangkut diri anda dan posisi yang akan anda lamar. Yang menyangkut diri sendiri terkait dengan pengalaman, latar belakang pendidikan dan pelatihan yang diikuti dan lain sebagainya. Mengetahui

- Jawab pertanyaan dengan singkat dan jelas

* Strategi 1 menit
Untuk pertanyaan yang sifatnya perlu penjelasan panjang, perlu di siapkan jawaban yang singkat kurang dari 1 menit tetapi bisa memenuhi/menjawab pertanyaan tersebut.

Contoh :
Pertanyaan : Ceritakan tentang diri Anda ?
Jawaban : Saya berasal dari Kebumen, anak pertama dari 3 bersaudara, orang tua tinggal di sana dan bekerja sebagai pegawai negeri di kantor Bupati. (Jawaban terlalu panjang)
Jawaban : Saya Alumni dari Universitas Kertajaya, Jurusan Manajemen. Saya mempunyai kemampuan dalam bidang manajerial dengan pengalaman 2 tahun. Selain itu saya aktif berbahasa inggris dan menguasai computer. Saya mempunyai integritas untuk bekerja keras dan siap bekerja baik secara individu atau dalam tim kerja

* Berikan contoh dari pengalaman anda

* Jabat tangan pewawancara dengan tegas

* Dengarkan semua pertanyaan secara seksama

* Aktif di percakapan

* Tumbuhkan minat dan semangat anda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentarnya ya..??