Syarat-syarat segmentasi yang efektif
Segmentasi pasar adalah membagi pasar ke dalam kelompok pasar individu dengan keinginan atau kebutuhan yang sama bahwa sebuah perusahaan membagi pasar menjadi kelompok yang berbeda yang memiliki kebuyuhan berbeda, keinginan, perilaku atau yang mungkin ingin produk yang berbeda & jasa.
Syarat Segmen Pasar :
Selain memiliki kebutuhan yang berbeda, untuk segmen yang akan praktis mereka harus dievaluasi terhadap kriteria sebagai berikut:
· Diidentifikasi: atribut membedakan dari segmen-segmen harus dapat diukur sehingga mereka dapat diidentifikasi.
· Diakses: segmen harus dicapai melalui saluran komunikasi dan distribusi.
· Substansial: segmen harus cukup besar untuk membenarkan sumber daya yang diperlukan untuk menargetkan mereka.
· Unik kebutuhan: untuk membenarkan penawaran terpisah, segmen-segmen harus menanggapi berbeda dengan pemasaran yang berbeda campuran.
· Tahan lama: segmen harus relatif stabil untuk meminimalkan biaya perubahan sering.
Kesimpulan:
Sebuah segmentasi pasar yang baik akan menghasilkan anggota yanghomogen secara internal dan eksternal heterogen. Pasar yang tersegmentasi dengan baik dapat dijangkau dan dilayani lebih efisien. Selain itu, pasar yang tersegmentasi dengan baik lebih mudah dikelola karena suatu segmen cenderung memberikan respon yang homogen terhadap suatu stimuli. Manfaat dari penggunaan segmentasi pasar, yaitu:
· Mendesain produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar
· Menganalisis pasar
· Menemukan peluang
· Menguasai posisi superior dan kompetitif
· Menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
jangan lupa komentarnya ya..??